GUA8Gfr6BUdoBUG6BUW7GUWoBY==

Memiliki Daya Tarik Kuat, Telaga Sarangan Simpan Mitos yang Menegangkan

Memiliki Daya Tarik Kuat, Telaga Sarangan Simpan Mitos yang Menegangkan
Potret keindahan Telaga Sarangan (Dok. Ist)


SurabayaTerkini.id Telaga Sarangan adalah sebuah danau berada di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. 

Mitos Telaga Sarangan yang Cukup Populer 

Tempat ini memang menakjubkan karena keindahannya, tetapi di balik keindahan itu, terdapat banyak mitos yang masih dianggap benar oleh penduduk setempat seperti:

1. Terdapat Sepasang Naga

Mitos pertama tentang Telaga Sarangan adalah keberadaan sepasang naga. Menurut legenda, ada sepasang manusia yang bernama Kyai dan Nyai Pasir, yang berubah menjadi dua ular besar dan terperangkap di dasar danau. 

Hingga saat ini, banyak penduduk sekitar masih mempercayai bahwa keberadaan dua ular besar muncul di telaga.

2. Terdapat Pohon yang Sulit Ditebang

Mitos kedua berkaitan dengan salah satu pohon di sekitar Telaga Sarangan, yang disebut Pohon Liwung. 

Pohon tersebut tidak dapat ditebang oleh manusia biasa. Konon, jika ada seseorang yang mencoba menebang Pohon Liwung, mereka akan menghilang dari muka bumi. 

Meskipun mitos tersebut tidak dapat dijelaskan secara ilmiah, warga setempat masih mempercayainya. Oleh karena itu, wisatawan harus menjaga lisan saat liburan.

3. Penghancur Hubungan Sepasang Kekasih

Mitos ketiga adalah tentang sepasang kekasih yang berkunjung ke Telaga Sarangan. Mitos mengatakan bahwa setiap pasangan yang berkunjung ke tempat ini, hubungan mereka akan diputuskan. 

Hal tersebut tidak dapat dijelaskan secara ilmiah, tetapi sebagian besar penduduk sekitar masih mempercayai mitos tersebut.

Walaupun mitos-mitos ini bertentangan dengan penjelasan ilmiah dan sulit diterima oleh akal sehat, namun mitos-mitos ini masih dianggap sebagai kearifan lokal dan menambah keseruan saat berkunjung ke Telaga Sarangan. 

Bagi penduduk setempat, mitos ini bukan hanya sekedar cerita tanpa makna, tetapi menjadi bagian integral dari budaya dan kepercayaan mereka.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ketik kata kunci lalu Enter

close