GUA8Gfr6BUdoBUG6BUW7GUWoBY==

Mengenal KB Implan dan Kelebihannya : Sering jadi Pertimbangan Pasutri yang Tunda Momongan

 

Pemasangan implan KB
Pemasangan implan KB 
(Dok. Ist)

SurabayaTerkini.id - KB Implan, juga dikenal sebagai implan kontrasepsi, adalah salah satu metode kontrasepsi jangka panjang yang sangat efektif dan praktis.

KB Implan adalah alat kontrasepsi berbentuk batang kecil, biasanya berukuran sekitar 4 cm, yang dimasukkan di bawah kulit lengan atas oleh tenaga medis.

Implan ini mengandung hormon progestin, yang secara perlahan dilepaskan ke dalam aliran darah untuk mencegah kehamilan.

Hormon progestin bekerja dengan cara menghentikan ovulasi (pelepasan sel telur dari ovarium), menebalkan lendir serviks sehingga sperma sulit mencapai sel telur, dan menipiskan lapisan rahim untuk mencegah terjadinya kehamilan.

Bagaimana cara kerja KB Implan?

Setelah dipasang, KB implan secara konstan melepaskan progestin ke dalam tubuh. Hormon ini mencegah terjadinya ovulasi sehingga tidak ada sel telur yang dilepaskan dan tidak ada yang bisa dibuahi oleh sperma.

Selain itu, lendir yang menebal di serviks membuat sperma lebih sulit masuk ke rahim, sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya pembuahan.

Keunggulan KB Implan

KB Implan memiliki banyak keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan populer di kalangan wanita, berikut di antaranya, sebagaimana dilansir dari pcpafisorong.org:

1. Efektivitas tinggi

KB Implan memiliki tingkat efektivitas lebih dari 99% dalam mencegah kehamilan. Ini berarti bahwa sangat sedikit kemungkinan untuk hamil saat menggunakan metode ini.

2. Jangka panjang

KB Implan dapat bertahan hingga 3-5 tahun tergantung pada jenisnya, sehingga cocok bagi wanita yang ingin perlindungan jangka panjang tanpa harus mengingat jadwal harian seperti pil KB.

3. Praktis dan mudah

Setelah dipasang, Anda tidak perlu memikirkan kontrasepsi setiap hari. Tidak perlu mengganti atau mengingat jadwal, karena KB Implan bekerja secara otomatis selama jangka waktu yang ditentukan.

4. Cepat dikembalikan

Jika Anda memutuskan ingin hamil, KB Implan dapat dilepas kapan saja oleh tenaga medis, dan kesuburan biasanya akan kembali dengan cepat setelah implan diangkat.

5. Aman bagi ibu menyusui

KB Implan aman digunakan oleh ibu menyusui karena hanya mengandung hormon progestin, tanpa estrogen yang bisa memengaruhi produksi ASI.

Dengan memperhatikan sejumlah kelebihan tersebut, Anda bisa memasang implan KB jika sedang menunda momongan atau telah membatasi jumlah anak.

Advertisement
Advertisement
Advertisement

Ketik kata kunci lalu Enter

close